Warung Bebas

Minggu, 12 Oktober 2008

Adobe Photoshop "ACTION"

Setelah Posting Photoshop sebelumnya saya membahas tentang Plugin Photoshop, kini saya akan membahas topik lain lagi yaitu "ACTION" pada Photoshop.

Misalnya saya mendapatkan Tutorial Photoshop "Cara Merubah Foto Biasa menjadi Gambar Sketsa . Saya buka File foto saya dan Saya Ikuti semua Perintah-perintah dan langkah-langkah yang terdapat di Tutorial itu sehingga saya peroleh hasil Gambar Sketsa.

Bagaimana ketika saya ingin merubah File-file foto saya yang lain menjadi Gambar Sketsa juga, tentu saya harus mengikuti lagi dari awal semua perintah-perintah dan langkah-langkah yang terdapat di Tutorial tersebut untuk tiap File Foto, tentunya hal tersebut membosankan dan menyita waktu, padahal semua perintah dan langkah-langkahnya sama saja. Tapi hal itu dapat diatasi dengan "Action" Photoshop tadi.

Dengan "Action" Photoshop kita hanya perlu satu kali saja mengikuti perintah dan langkah-langkah yang diberikan oleh tutorial tersebut untuk foto pertama saja, selanjutnya untuk foto-foto berikutnya kita tinggal jalankan saja "Action" sehingga program Photoshop akan bekerja secara otomatis merubah foto kita yang lain menjadi Gambar sketsa dalam sekejap dengan hasil yang sama dengan foto pertama tadi.

Mudah-mudahan dengan cerita saya diatas sudah jelas tentang Pengertian "Action" Photoshop.
Sekarang timbul pertanyaan bagaimana "Action" dapat bekerja seperti itu ?

Prinsipnya seperti ini, Pada saat pertama kali kita merubah Foto menjadi gambar Sketsa tadi, kita harus mengikuti semua perintah dan langkah-langkah yang terdapat dalam tutorial tersebut, nah sebelum kita mulai bekerja, kita harus membuat "Action" baru dan mengaktifkan perintah Record dari Pallete Action, lalu setelah Action Recordnya Aktif, baru kita mulai bekerja mengikuti semua Perintah dan Langkah-langkah yang diberikan pada tutorial tersebut hingga selesai. Sekarang semua Perintah dan Langkah-langkah kita selama bekerja dalam membuat Gambar Sketsa telah di Record (direkam) oleh "Action" yang kita buat dan kita aktifkan tadi.

Hasil Record (rekaman) dari Action yang kita buat tadi harus disimpan dalam bentuk File (Action File) yang bereksetensi ATN (ATN File) yang siap di pakai/dijalankan pada foto yang lain.

Selain yang bisa kita buat sendiri, bagi yang malas membuatnya, File Action (ATN File) juga tersedia dalam bentuk jadi, atau File Action yang siap digunakan (dibuat oleh orang). File Action ini bisa kita dapatkan di Internet secara gratis dengan cara Search di Google atau Yahoo dengan kata kunci : File Action Photoshop, atau ATN File atau kata kunci lainnnya yang sesuai atau bisa anda download beberapa contoh File Action disini.

Cara menggunakan File Action.
  • Download file Actionnya disini.
  • kalau dalam bentuk terkompresi ZIP/RAR di Ekstrak dahulu file actionnnya (Harus File ATN) kedalam folder tertentu di harddisk anda
  • Buka Program Adobe Photoshop disini saya gunakan versi CS3,aktifkan dan buka pallete Action pada photoshop (biasanya letaknya pada pallete paling atas ) atau tekan (Alt + F9)
  • setelah terbuka pallete action, hapus semua Action yang ada pada pallete Action agar tidak mengganggu hasil kerja kita nanti dengan cara memilih "Clear all actions" dari menu pallete Action
  • lalu buka folder tempat kita mengekstrak File Action tadi, maka akan tampak ikon file action seperti gambar dibawah ini
  • Jalankan File Action tadi dengan cara double klik saja salah satu file Action yang kita inginkan contoh Action dengan nama "Gold on Gold" (membuat tulisan dengan efek Emas)
  • kembali ke Program Photoshop lihat pada Pallete Action, Action yang saya buka tadi dengan nama "Gold on Gold" sudah ada di dalam pallete Action.
  • Klik saja 1 kali lambang segitiga di samping nama "Gold on gold" sehingga sub menunya turun, klik dan pilih nama "gold on gold" yang dibawahnya
  • lalu jalankan action dengan cara klik saja "Play Section" (lambang Play) yang terdapat dibagian bawah Pallete action.
  • Ikuti semua petunjuk dan perintah yang diberikan (Biasanya dalam bahasa inggris)
Terdapat link Download yang rusak, atau Pertanyaan, kritik dan saran dapat ditulis pada kolom komentar dibawah ini.

Selamat Mencoba.

0 comments em “Adobe Photoshop "ACTION"”

 

Kain Lap Kompor Copyright © 2012 Fast Loading -- Powered by Blogger