Warung Bebas

Sabtu, 04 Oktober 2008

Plug-in Adobe Photoshop

Adobe Photoshop merupakan sebuah aplikasi yang sangat popular dan umum digunakan untuk proses image editing, Desain grafis, desain web dan hal-hal lain yang berhubungan dengan pemrosesan/pengolahan gambar.

Aplikasi ini dapat memberikan sentuhan-sentuhan dan efek-efek khusus pada gambar yang kita proses menggunakan Filter-Filter tertentu yang telah tersedia secara default pada saat kita menginstallnya.

Kalau anda merasa Filter-filter yang telah disediakan oleh Photoshop secara default masih kurang bagus dan ingin menambah Efek atau Filter-filter lainnya, dapat dilakukan dengan cara menambah file tambahan kedalam photoshop tersebut, biasanya File tambahan untuk filter dan efek-efek khusus tersebut dinamakan dengan Plug-In adobe Photoshop. Contoh nama-nama Plug-in Photoshop yang cukup terkenal seperti Eye Candy 31, Eye Candy 4000, VirtualPhotographer (untuk mengolah foto), Dream Suite (untuk mengolah foto) dan banyak lagi Plug-in lainnya

Plug-In adobe Photoshop banyak tersedia di Internet baik yang berbayar ataupun yang gratis. Cara mencarinya cukup mudah, silakan search saja menggunakan Google atau Yahoo dengan kata kunci “Plug-in Adobe Photoshop” atau ada beberapa alamat web di bawah ini yang menyediakan Plug-in photoshop bagus secara gratis:

Link 1

Link 2

Link 3

Link 4

Face Control Plugin

Eye candy 4000

Perhatikan juga Kesesuaian Plug-in yang anda download dengan Versi Adobe Photoshop yang anda gunakan karena tidak semua plug-in dapat digabungkan dengan semua Versi Photoshop. Dan lakukan Backup sebelum menambahkan Plug-in baru ke Photoshop anda

Setelah kita Download dari situsnya kita tinggal mengabungkan/mengintegrasikan File Plug-in tadi dengan Aplikasi Adobe Photoshop, biasanya file Plug-in ini tersedia dalam 2 jenis :
  • Jenis pertama dalam bentuk File .Exe (Instalasi) Jika kita mendapat File Plug-in dalam bentuk File EXE, tinggal lakukan instalasi seperti biasa dengan mengeksekusi File EXE nya biarkan proses instalasi berjalan secara otomatis sehingga Plugin akan terintegrasi sendiri secara otomatis dengan Photoshop.
  • Jenis kedua dalam bentuk File .8BF (Eksitensi untuk file Plug-in Photoshop) jika kita mendapatkan dalam bentuk file bereksitensi .8BF biasanya diberikan dalam format ZIP atau RAR, cara instalasinya untuk mengabungkan Plug-in ini dengan Photoshop harus dilakukan secara manual. Caranya. Ekstrak File Plug-in yang kita download tadi (harus yang bereksitensi .8BF) langsung kedalam Folder Plug-in Photoshop yang biasanya terletak pada : C:\Program Files\Adobe\Adobe Photoshop CS2\Plug-Ins Sebaiknya lakukan Backup dahulu untuk menghindari kesalahan.
Setelah proses Pengabungan Plug-in Photoshop selesai Restart Komputer anda. Setelah Restart Buka Aplikasi Photoshop, Lalu lihat ke Menu Filter, jika proses Pengabungan anda tadi benar dan sukses maka pada Menu Filter pada bagian bawah akan terlihat Plug-in/Filter baru yang tadi anda tambahkan dan siap untuk digunakan.

Sekali lagi saya ingatkan untuk diperhatikan kesesuaian Plug-in yang anda tambahkan dengan Versi Adobe Photoshop yang anda gunakan, dan juga jika terlalu banyak menambahkan Plug-in ke dalam Photoshop, Aplikasi ini akan sedikit lambat Loading, jadi tambahkan saja beberapa plug-in yang anda anggap perlu saja.

Terdapat link Download yang rusak, atau Pertanyaan, kritik dan saran dapat ditulis pada kolom komentar dibawah ini.

Selamat Mencoba

0 comments em “Plug-in Adobe Photoshop”

 

Kain Lap Kompor Copyright © 2012 Fast Loading -- Powered by Blogger